Proses Perpanjangan Pajak STNK Motor di Samsat

AriePinoci » Gue pernah dan Selalu melakukan Proses Perpanjangan STNK Motor di Samsat (Tangerang Kota) sendiri tanpa jasa pengurusan perpanjangan Pajak STNK kendaraan bermotor. Karna dari pertama kali nyoba, ternyata lumayan gampang, simple dan lebih cepat. Gak terhitung gue udah beberapa kali ngurus perpanjang pajak STNK motor gue sendiri atau pun motor temen yang cuma 2-3 jam doang (tergantung antrian'nya juga sih).

Sebelumnya gue udah pernah nulis tentang Proses Pembuatan SIM C dan SIM A Baru dan juga pernah ngalamin Sidang Tilang Pengambilan SIM STNK, kali ini gue pengen nulis gimana bayar pajak STNK motor di samsat Tangerang.

Proses Perpanjangan Pajak STNK Motor di Samsat
"Proses Perpanjangan Pajak STNK Motor di Samsat"

Biasanya kalo gue mau perpanjang STNK berangkat lebih pagi (tapi kadang suka kesiangan sih). Seperti biasa, Syarat Perpanjangan Pajak Motor mesti dilengkapi dulu sebelum pergi ke samsat. Berikut beberapa persyaratannya:

1. BPKB Asli (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)
Syarat utama perpanjang pajak STNK adalah membawa BPKB asli dan juga foto copy BPKB 1 lembar.

2. KTP Asli
Selain itu juga harus membawa KTP asli atas nama di STNK, di foto copy juga 1 lembar.

3. STNK Asli (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
Dan yang pastinya juga harus membawa STNK asli dong, kan mau perpanjang pajak STNK. hehe.. STNK juga di foto copy 1 lembar.

4. Uang untuk Membayar Pajak STNK Motor
Dan yang paling penting adalah membawa 'UANG' atau dana untuk membayar perpanjangan pajak STNK motor di samsat. hehe..

# Proses Perpanjangan Pajak STNK Motor di Samsat #

Nah, Berikut Cara Perpanjang Pajak STNK Motor di Samsat yang biasanya gue lakukan dan bisa kamu lakukan sendiri:

(1) Foto Copy Surat-Surat Lengkap
Kamu mesti mempersiapkan semua Syarat-Syarat Perpanjangan Pajak STNK Motor diatas secara lengkap beserta foto copy'nya. Atau kamu bisa foto copy semua data diatas di tukang Foto Copy sekitaran Samsat, karena biasanya harus pake Map khusus.

(2) Dateng Lebih Pagi ke Samsat
Kalo persyaratan udah lengkap semua (di cex lagi), silahkan langsung datang ke Samsat terdekat. Usahain dateng ke samsatnya lebih pagi (kalo bisa sebelum samsat buka -hehehe), dan pilih Hari pertengahan (usahain jangan hari Senin atau Jumat), biar nantinya gak terlalu ngantri. Karena biasanya banyak juga yang bayar pajak, belum lagi banyak calo atau jasa perpanjangan STNK..

(3) Ngambil Nomer Antrian
Kalo udah di Samsat, kamu masuk ke dalem samsat lah, masa iya mau ngopi di tempat foto copy. Setelah masuk ke dalam Samsat, biasanya suruh ngambil nomer antrian yang ditukar dengan data-data tadi, yang nanti buat dipanggil pas Proses Perpanjangan Pajak STNK Motor. Kalo udah, kamu sabar aja nungguin panggilan di ruang tunggu. *Belajar sabar aja yak*

(4) Panggilan Pembayaran Pajak STNK
Kalo udah waktunya di panggil, biasanya panggilan pertama cuma buat nunjukin BPKB asli kepada petugas Samsat. Setelah itu nunggu lagi sampe di panggil buat bayar perpanjang pajak STNK di loket pembayaran yang ditunjuk sama petugas Samsat (biasanya pake pengeras suara manggilnya).

(5) Pengambilan STNK yang Sudah Diperpanjang
Setelah dengan sabar menunggu antrian dan beberapa panggilan yang mungkin cukup nge-bete'in, yang terakhir adalah panggilan buat ngambil STNK yang sudah dibayar tadi dan sudah di perpanjang di loket berikutnya. Selesai dah, sekarang kamu bisa pulang.

(6) Pulang
Kalo proses perpanjangan STNK udah selesai dan STNK yang baru udah ditangan, yaudah waktunya pulang. Masa iya mesti disuruh pulang dulu ?? ~ngokk~

Nah, ternyata gampang kan cara dan Proses Perpanjangan Pajak STNK Motor di Samsat kalo dilakukan sendiri. Sedangkan untuk waktunya tergantung dari antrian. Itulah pengalaman gue tentang Cara dan proses Perpanjang Pajak STNK Motor yang gue lakukan sendiri di Samsat Tangerang Kota (Cikokol). Semoga bisa bermanfaat deh.. :) Ditulis Arie Pinoci dari pengalaman pribadi..
Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang Tampan dan Cantik Mempesona Stralala yang Baik Hati, kalo mau COPAS boleh aja kok. Tapi kalo GAK Keberatan harap cantumkan SUMBER atau Link Dofollow ke blog ini eeaa Kaka.. Thanks..
Share This

 
Top