Hari Ini


Proses Ganti Plat Nomor Motor (STNK) di Samsat

Update: 24 September 2012 at 11.25 Kategori: Tips Pinoci

Bagaimana Proses Ganti Plat Nomor Motor (STNK) di Samsat? Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor biasanya berlaku hingga 5 Tahun, mungkin masa berlakunya habis dan harus ganti plat nomor kendaraan (motor / mobil) di samsat, tapi bingung gimana cara dan prosesnya?

Proses Ganti Plat Nomor Motor di Samsat

Sebelumnya menulis Proses Perpanjangan Pajak STNK Motor di Samsat, kali ini coba menulis tentang Proses Ganti Plat Nomor Motor di Samsat buat sobat yang mungkin masih bingung. Proses ganti plat nomer motor yang saya lakukan bulan kemaren.

Berikut syarat Proses Ganti Plat Nomor Motor (STNK) di Samsat terdekat yang harus kamu siapkan:

1. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)
2. KTP Pemilik Kendaraan
3. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
4. Bawa Motornya
5. Uang untuk Membayar Proses Ganti Plat Nomor Motor

Nah berikut Proses Ganti Plat Nomor Motor di Samsat yang bisa kamu lakukan:

* Foto Copy Surat-Surat Kelengkapan

Setelah BPKB, STNK, KTP udah lengkap, silahkan di foto copy (bisa foto copy disekitar Samsat).

* Langsung ke Samsat Terdekat Membawa Motor yg Akan di Ganti Plat

Kamu bisa datang ke Samsat terdekat (tergantung plat nomer kendaraan). Usahakan pagi2 biar ga terlalu ngantri. Kamu bisa langsung ke tempat gesek nomer mesin dan rangka Motor. Disitu kamu akan disuruh bayar Rp. 30.000,- dan antri sebentar.

* Nomer Antrian di Samsat

Setelah nomer kendaran di gesek selesai, kamu langsung masuk ke Samsat dan ngambil nomer antrian untuk proses penggantian plat nomer. Ngantri sebentar nanti dipanggil untuk cex BPKB trus ngantri lagi deh.

* Panggilan Pembayaran Ganti Plat Nomor

Setelah mengantri beberapa saat, nanti kamu akan dipanggil lagi di kasir berikut untuk membayar Ganti Plat Nomor sesuai motor nya. Setelah itu mengantri lagi.

* Pengambilan STNK Ganti Plat Nomor

Setelah mengantri dan mengantri akhirnya kamu akan dipanggil lagi untuk pengambilan STNK yang sudah Ganti Plat Nomor baru di loket terakhir.

* Pengambilan Plat Nomor

Kalo udah banyar dan menerima STNK baru, kamu tinggal mengambil Plat nomer di tempat pengambilan Plat nomor kendaraan. Kamu hanya menyerahkan SNTK untuk pencetakan plat nomer dan menunggu sebentar. Gak lama selesai deh, paling suruh bayar Rp. 5000 doang.
Sekarang kamu bisa pulang.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang Proses Ganti Plat Nomor Motor di Samsat yang bisa sobat lakukan sendiri. Sebenernya gampang dan gak ribet kok. Tapi kalo emang gak mau ribet, bisa melalui jasa pengGantian Plat Nomor Motor aja. Ditulis Arie Pinoci. Baca juga Cara Membuat SIM C dan A.
Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS, boleh aja kok. Tapi kalo gak keberatan harap cantumkan SUMBER atau Link Dofollow ke blog ini yaa.. Thanks