Proses Ganti Plat Nomor (STNK) Motor di Samsat

Mungkin ada yang nanya atau masih bingung, Bagaimana Proses Ganti Plat Nomor Motor (STNK) di Samsat? Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) biasanya berlaku hingga 5 Tahun dan setelah itu harus diperpanjang (ganti Plat). Mungkin sekarang masa berlakunya STNK habis dan harus ganti plat nomor kendaraan (motor / mobil) di samsat, tapi bingung gimana caranya dan prosesnya?

Proses Ganti Plat Nomor Motor di Samsat

Di postingan sebelumnya gue pernah nulis tentang Proses Perpanjangan Pajak STNK Motor di Samsat, kali ini gue coba menulis lagi tentang Proses Ganti Plat Nomor Motor (STNK) di Samsat buat sobat yang mungkin masih bingung. Proses ganti plat nomer motor yang gue lakukan bulan (Agustus) lalu.

Nah, berikut syarat-syarat untuk melakukan Proses Ganti Plat Nomor Motor (STNK) di Samsat terdekat, yang harus kalian siapkan dan lakukan:

1. BPKB Asli (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)
2. KTP Asli Pemilik Kendaraan
3. STNK Asli (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
4. Bawa Motornya
5. Uang untuk Membayar Proses Ganti Plat Nomor Motor

Selanjutnya berikut inilah Proses Ganti Plat Nomor Motor di Samsat yang bisa kamu lakukan:

(1) Foto Copy Surat-Surat Kelengkapan
Setelah BPKB, STNK, KTP udah lengkap dan di tangan semua, silahkan semuanya di foto copy. Kalian bisa foto copy semua Surat-Surat Kelengkapan disekitar Samsat. Dan juga bisa sekalian tanya gimana proses ganti STNK sama si penjaga Foto Copy (ini kadang gue lakukan kalo misalnya rada lupa).. :)

(2) Bawa Motor yg Akan di Ganti Plat ke Samsat Terdekat
Kalo udah siap semua persyaratan diatas (di cex lagi yah), kalian bisa langsung datang ke Samsat terdekat (tergantung dari alamat dan plat nomer kendaraan) dengan membawa Motor yang mau diganti STNK nya. Usahakan datang lebih pagi biar ga terlalu ngantri. Kamu tanya bagian / tempat gesek nomer mesin dan nomer rangka Motor kepada petugas / tukang parkir / penjaga foto copy.
Proses penggesekan Nomor Mesin dan Rangka motor cuma antri sebentar, dan disitu kamu akan disuruh bayar sekitar Rp. 30.000,-.

(3) Nomer Antrian di Samsat
Setelah kendaran selesai di gesek dan dapet surat keterangan dari petugasnya, kamu langsung masuk ke Samsat aja dan ngambil nomer antrian untuk proses penggantian plat nomer STNK. Antrian tergantung hari atau jam kedatangan kamu di Samsat, jadi bisa sebentar bisa lama juga. Sabar aja ngantrinya, nanti juga dipanggil untuk cex BPKB trus ngantri lagi.

(4) Panggilan Pembayaran Ganti Plat Nomor
Setelah mengantri lagi beberapa saat, nanti kamu akan dipanggil lagi di kasir berikut untuk membayar semua biaya Ganti Plat Nomor STNK sesuai motor nya (ada yang rada murah, ada juga yang mahal. Setelah membayar, kamu akan disuruh mengantri lagi. ~sabar yah, cuma bentar kok~

(5) Pengambilan STNK Ganti Plat Nomor
Setelah mengantri dan mengantri dengan penuh kesabaran ditengah keramaian ruang tunggu Samsat, akhirnya kamu akan dipanggil lagi untuk pengambilan hasil STNK yang sudah Ganti Plat Nomor baru di loket terakhir. ~horeee.. berakhir sudah penantiannya~

(6) Pengambilan Plat Nomor Baru
Kalo udah banyar dan menerima STNK baru di loket terakhir tadi, kamu disuruh atau tinggal mengambil Plat nomer di tempat pengambilan Plat Nomor Kendaraan disekitara Samsat (kamu bisa tanya ke petugas, karna masing-masing samsat berbeda). Kamu hanya menyerahkan SNTK untuk pencetakan plat nomer dan menunggu sebentar tergantung antrian. Gak lama kemudian selesai, dan Plat Nomor dikasih deh. (biasanya suruh bayar Rp. 5000 / berapa doang).

(7) Sekarang Kamu Bisa Pulang
Udah selesai ya pulang lah.. Masih inget kan tadi Parkir motor nya dimana? Masih inget jalan pulang dari Samsat ke rumah kan? Kalo masih inget dan sadar, yaudah pulang gih...

Nah itulah sedikit penjelasan tentang Proses Ganti Plat Nomor Motor STBK di Samsat yang bisa sobat lakukan sendiri, yang pernah gue lakukan di Samsat Kota Tangerang (Cikokol). Sebenernya gampang dan gak ribet kok. Tapi kalo emang gak mau ribet, bisa melalui jasa penggantian Plat Nomor Motor aja. Ditulis Arie Pinoci dari pengalaman pribadi. Oiya, yang belum punya SIM, silahkan baca juga Cara Membuat SIM C dan A. :)
Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang Tampan dan Cantik Mempesona Stralala yang Baik Hati, kalo mau COPAS boleh aja kok. Tapi kalo GAK Keberatan harap cantumkan SUMBER atau Link Dofollow ke blog ini eeaa Kaka.. Thanks..
Share This

 
Top