Hari Ini


Penyebab Banjir Besar di Jakarta

Update: 18 Januari 2013 at 19.50 Kategori: Berita Update

Penyebab Banjir Besar di Jakarta: Awal tahun 2013 ini, bencana banjir kembali terjadi di Ibu Kota Jakarta, dan kebanjiran yang terjadi di tahun 2013 ini cukup besar. Seperti yang kita lihat di berita 17 Januari 2013 kemaren, banjir besar melanda diberbagai tempat di Jakarta. Sebenernya apa sih penyebab banjir di Jakarta?

Selain masalah sampah dan kemrawutan gorong-gorong di Jakarta, mungkin ini juga yang jadi penyebab banjir besar Jakarta 2013:

Penyebab Banjir Besar di Jakarta

* Hilangnya Resapan Air di Kawasan Puncak
Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah Institut Pertanian Bogor menyebutkan bahwa, Profil aktual dari Kawasan Puncak - Bogor tentang laju pembangunan yang tak terkendali menyebabkan hilangnya fungsi resapan air di kawasan Puncak.
» Kehilangan fungsi resapan hingga 50 persen dibandingkan kondisi 15 tahun lalu.

* Parahnya Kondisi Kali Ciliwung
Koordinator Komunitas Peduli Ciliwung menyatakan kalo kondisi Daerah Aliran Sungai Ciliwung semakin parah dari tahun ke tahun. Gejalanya dapat dilihat secara kasat mata yakni ketika debit meninggi dan sungai meluap: airnya coklat gelap, pertanda material tanah ikut terbawa aliran.
» Ketika turun hujan di Puncak, debit Ciliwung pasti naik sehingga menyebabkan banjir di Jakarta."

* Mandulnya Fungsi Sungai
Karena sungai-sungai mengalami penyempitan dan pendangkalan, diperparah dengan kondisi di hulu yang juga udah rusak. Jadi, air hujan yang jatuh di sana tak banyak yang bisa terserap ke dalam tanah.
» Air hujan ini banyak tergelontor ke dalam sungai-sungai yang bermuara ke ibu kota.

* Tanah yang Sudah Jenuh
Tanah yang udah jenuh masih harus 'menanggung' air dari luapan sungai di banyak tempat. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, kemampuan Kali Ciliwung hilir, Angke, Pesanggrahan dan Krukut bahkan hanya mampu mengalirkan kurang dari 30% banjir yang ada.
» Gak heran kalo Jakarta selalu banjir setiap tahunnya.

* Penurunan Muka Tanah
Akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan terjadi penurunan muka tanah. Penurunan tanah yang mencapai 10 sentimeter per tahun jelas mampu menciptakan cekungan.
» Penurunan tanah ini banyak terjadi di Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

* Bila Air Laut Pasang
Faktor penyebab banjir besar di Jakarta ini bisa bertambah jika memperhitungkan laut yang juga mulai pasang pertengahan bulan ini. Atau, ruang terbuka hijau di Jakarta yang selama ini mendapat kritik karena tak sampai memenuhi syarat minimal, yakni 30 persen dari luas wilayah.
» Taman-taman dan daerah resapan air di Jakarta sejauh ini hanya menghimpun tak sampai 10 persen luas ibu kota.

Kalo masalah Banjir udah terjadi di Jakarta, biasanya saling menyalahkan dan ada yang berpendapat Ibu Kota dipindahkan. Masalah banjir adalah tanggung jawab bersama. Mungkin 6 Penyebab Banjir Besar Jakarta ini bisa jadi pengetahuan. Copy edit by Arie Pinoci from yahoo.com.
Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS, boleh aja kok. Tapi kalo gak keberatan harap cantumkan SUMBER atau Link Dofollow ke blog ini yaa.. Thanks

** Silahkan Berkomentar Sesuai Topik **
» Dilarang Komentar Sara atau Menghujat
» Dilarang Komentar Dengan Bahasa yang Tidak Sopan
» Dilarang Komentar atau nyebar IKLAN dalam bentuk apapun
» Dilarang Menyisipkan Link (nyepam) dalam bentuk apapun
» Karena akan Langsung saya Delete (HAPUS) !!!

0 Komentar untuk "Penyebab Banjir Besar di Jakarta"

Poskan Komentar