Hari Ini


Sunnah-Sunnah di Kamar Mandi (WC)

Update: 27 Januari 2013 at 18.17 Kategori: Islami

Sunnah-Sunnah di Kamar Mandi (WC): Sobat semua pastinya hampir setiap hari keluar-masuk kamar mandi (WC-Toilet), entah di rumah, ditempat kerja, di Mall atau di Pom Bensin. Tapi mungkin ada yang belum begitu tau tentang adab-adab dan sunnah-sunnah di kamar mandi yang bisa bermanfaat baik di dunia (Kesehatan) ataupun di akhirat (Agama).

Iseng gugling dan nemu artikel tentang beberapa sunnah di kamar mandi (WC). Berikut sunnah-sunnah di kamar mandi seperti yang telah diajarkan Rasulullah SAW, saya tulis disini:

Sunnah-Sunnah di Kamar Mandi (WC)
# Masuk Kamar Mandi/WC dengan Kaki Kiri dan Keluar dengan Kaki Kanan

Inilah sunnah yang diperintahkan oleh Nabi SAW, dan juga disunnahkan untuk membaca 'doa sebelum masuk kamar mandi' (doa dibaca di luar kamar mandi) dan juga doa setelah keluar dari kamar mandi.
Berbeda kalo kita masuk Masjid dan Rumah dengan kaki Kanan dan keluar dengan kaki Kiri.

# Menggunakan Alas Kaki

Menurut penelitian di Amerika di dalam kamar mandi/WC ada sejenis virus dengan type 'Americanus' yang masuk lewat telapak kaki orang yang ada di WC tersebut.
Dengan proses waktu yang panjang virus tersebut naik ke atas tubuh dan ke kepala merusak jaringan otak yang menyebabkan otak lemah tak mampu lagi mengingat, blank semua memori otak sehingga pikun.
Sandal hendaknya diletakkan di luar WC, jangan di dalam WC, karena semakin kotor, lembab dan tak mengenai sasaran kebesihan.

# Buang Air Jongkok

Ketika hendak buang air kecil, disunahkan untuk Jongkok (gak berdiri terkecuali terpaksa/darurat). Dengan jongkok kotoran bisa keluar tuntas, sehingga gak jadi penyebab kencing batu maupun lemah syahwat.

# Beristinja' dengan Air

Beristinja' (bersuci dan membersihkan kotoran) dengan air, bukan dengan tissue atau lainnya kecuali kalo gak ditemukan air, seperti ketika dihutan, padang pasir dsb. Boleh gunakan tissue tapi harus dibilas lagi dengan air setelahnya.
Syarat kebersihan dan kesucian dari Najis menurut syariat adalah hilang warna, hilang bau, dan hilang rasa dari najis tersebut.

# Beristinja' dengan Tangan Kiri

Beristinja' juga disunnahkan dengan tangan kiri, inilah pembagian tugas dari tangan, bagaimana tangan kiri untuk urusan 'belakang' sedangkan untuk makan & minum disunnahkan dengan tangan kanan, jangan dicampuradukkaan, tangan yang untuk urusan belakang itu juga untuk makan. Dan Nabi melarang makan & minum dengan tangan kiri.

# Ketika Buang Air Dilarang Menghadap/Membelakangi Qiblat

Nabi melarang ketika membuang hajat menghadap atau membelakangi kiblat. Apabila lubang WC menghadap qiblat hendaknnya ketika buang air, badan agak diserongkan sedikit agar tidak menghadap/membelakangi arah qiblat.
Dan usahakan sebelum membuat WC Jangan menghadap atau membelakangi Kiblat.

# Jangan Merancang/Merencanakan Sesuatu di WC

Nabi sangat melarang merencanakan atau membuat suatu rencana/ide/inspirasi di dalam WC, karena WC adalah markaz'nya syetan.
Sebagaimana doa kita ketika hendak masuk WC:
"Allahumma inni a'udzubika minal khubutsi wal khabaits".
Yaa Allah, aku berlindung kepada-Mu dari godaan syetan laki-laki maupun perempuan".

Karena dikhawatirkan rencana/ide/inspirasi yang didapat berasal dari bisikan syetan yang kelihatannya baik tapi setelah dijalankan ternyata banyak mudharat/keburukannya.
Secara adab dan budaya pun sangat gak baik, masa sambil buang kotoran mencari ide/inspirasi atau merencanakan sesuatu yang baik apalagi sesuatu itu menyangkut hajat hidup orang banyak.
Begitu juga setelah keluar WC, baca istighfar dan doa keluar WC.

# Segera Keluar WC Setelah Hajat Selesai

Disunnahkan juga untuk menyegerakan keluar WC apabila hajat udah selesai, bukan malah bernyanyi-nyanyi apalagi sambil baca buku atau Koran.

Silahkan sobat lakukan dan amalkan beberapa sunnah di kamar mandi ini sekalian ibadah. Semoga bisa menambah pengetahuan dan juga menjadi salah satu ibadah yang bermanfaat. Disalin Arie Pinoci dari sumber kaskus.co.id.
Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS, boleh aja kok. Tapi kalo gak keberatan harap cantumkan SUMBER atau Link Dofollow ke blog ini yaa.. Thanks

** Silahkan Berkomentar Sesuai Topik **
» Dilarang Komentar Sara atau Menghujat
» Dilarang Komentar Dengan Bahasa yang Tidak Sopan
» Dilarang Komentar atau nyebar IKLAN dalam bentuk apapun
» Dilarang Menyisipkan Link (nyepam) dalam bentuk apapun
» Karena akan Langsung saya Delete (HAPUS) !!!

1 Komentar untuk "Sunnah-Sunnah di Kamar Mandi (WC)"
Anonimmengatakan...
31 Mei 2013 08.44

assalamu'alaikum...
artikeldi atas sangat membantu...
tapi maaf,,,bolehlah saya minta hadits" shahih tentang sunah" yg antum sebutkan di atas...

jazakalloh..


Poskan Komentar