Hari Ini


Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api

Update: 31 Mei 2013 at 20.07 Kategori: Tips Pinoci

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api - Yang namanya WC Mampet adalah hal yang paling menyebalkan dirumah, apalagi kalo kita lagi pengen buang hajat (baca: Boker alias ber*k) tapi WC mampet, alhasil terjadi genangan yang menjijikan deh (maaf buat yg lagi makan). Trus gimana sih WC kok bisa mampet, dan gimana cara mengatasi WC yang mampet?

Hal ini gue rasakan beberapa hari yang lalu, ngenes banget deh tiap kali ngerasa "mules" pas dirumah tapi kenyataannya WC mampet. Gue jadi penasaran dan bertanya2, kok bisa mampet sih?

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api

Kebetulan rumah yg gue tempatin bersebelahan sama rumah Bibi gue, jadi ada 2 WC dong, dan ternyata spiteng (septic-tank alias lubang penampungan pembuangan tinja) cuma ada satu. Disebelah WC lancar kaya jalan tol jam 02:00 pagi, tapi kok di tempat gue WC mampet? Berarti ada yang gak beres di WC rumah gue.!!!!

Akhirnya gue tanya2 ke sodara, temen dan tetangga gimana cara mengatasi WC mampet, kebanyakan sih suruh pake "Soda Api". Gue coba search di mbah google, ternyata emang kebanyakan menyarankan pake soda api untuk mengatasi WC mampet. Dan percobaan pun dilaksanakan.

# Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api #

Soda Api untuk Mengatasi WC Mampet
1.) Siapin Uang
Langkah pertama adalah siapkan uang secukupnya untuk membeli soda api ini. Soda Api bisa dibeli di toko Kimia atau toko bangunan (baca: toko matrial).

2.) Beli Soda Api
Setelah ada uang, silahkan langsung ke toko dan beli soda api. Biasanya ditanya buat apaan, bilang aja buat WC mampet. Nanti bakal dikasi jenis Soda Api yang rada halus, biasanya kiloan atau emang udah sepaket. Kalo bisa beli 2 kilo buat cadangan.

3.) Masak Air sampe Panas
Setelah beli soda api dan kembali kerumah, selanjutnya siapin air di "Panci" trus masak di Kompor sampe mendidih (intinya air panas deh).

4.) Ritual Memasukkan Soda Api
Setelah air panas siap, sekarang saatnya melakukan ritual mengatasi wc mampet dengan SODA API..!!!

- Tuangkan soda api ke lubang saluran pembuangan yg mampet (baca: lubang jamban/WC) sampai tertutup.
- Lalu siram dengan air panas sedikit-sedikit.
- Jaga jarak lubang WC dengan muka biar asap dari soda api gak kena muka saat menuangkan air panas.
- Karena Soda Api serbuk ini akan bereaksi dengan mengeluarkan letupan kecil dan menjadi busa.
- Lakukan secara berulang dan SABAR.
- Kalo masih belum lancar juga, ulangi lagi ritual cara mengatasi WC mampet diatas sampai wc benar-benar lancar.

5.) Kalo Masih Mampet Juga ?
Bisa menggunakan jurus lain yaitu menggunakan penyedot WC. Sobat musti memancingnya dengan penyedot WC seiring dengan soda api bereaksi, lakukanlah secara berulang kali.

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Penyedot WC

Tips mengatasi WC mampet pake Soda Api diatas bisa dilakukan dengan catatan WC mampet karena emang ada yang menyumbat. Karena kalo kenyataannya septic-tank yang penuh, yang ada malah makin luber deh tuh WC. Karena penyebab WC mampet itu ada dua, yaitu:

1.) WC Mampet Karena Septic Tank Penuh
Salah satu yang menyebabkan WC mampet adalah karen isi septic tank udah penuh. Jadi, kalo pake soda api kurang efektiv, yang ada malah makin mampet dan meluber kemana-mana.
Sobat bisa mengatasi WC mampet karena septic-tank penuh ini dengan cara menghubungi tukang sedot WC.

2.) WC Mampet Karena Tersumbat
Nah, kalo udah cex septic-tank kok gak penuh, berarti penyebab wc mampet adalah karen ada yg menyumbat. Dan cara mengatasi wc mampet ini solusinya dengan SODA API diatas.

Menurut informasi yang gue baca, konon katanya soda api ini bisa menghancurkan lemak-lemak bekas makanan (tinja) dan plastik-plastik limbah yang masuk ke dalam WC. Jadi, kalo memasukkan soda api ke WC yg mampet diharapkan bisa menghancurkan kotoran yg menyumbat saluran tersebut.

Dikarenakan SODA API mempunyai sifat kimia:
1. AgNO3 - Silver Nitrate
2. HCl - Asam Klorida
3. H2S - Hidrogen Sulfida
4. H2SO4 - Asam Sulfat
5. NaOH - Sodium Hidroksida/Soda Api

* Sifat-sifat kimia Soda api ini:
- Mampu menghancurkan penyebab WC mampet.
- Tapi larutan Soda api ini dapat meninggalkan Noda membandel pada keramik / closed.
- Bersifat korosif terhadap jaringan tubuh, dengan potensi kerusakan pada organ pernapasan, mata, kulit, dan usus. Jadi, jaga jarak, pake masker dan jangan sampe kena tubuh sobat.

Nah itulah sedikit penjelasan dan tips rumahan tentang Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api yang bisa dilakukan sendiri. Intinya sih berusaha mencari tau penyebabnya, cari tau cara mengatasinya, dan coba praktekin deh. Semoga bermanfaat. Ditulis Arie Pinoci dari berbagai sumber google search dan info dari sodara, temen dan tetangga.

Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS, boleh aja kok. Tapi kalo gak keberatan TOLONG cantumkan SUMBER atau Link Dofollow ke blog ini yaa.. Thanks

** Silahkan Berkomentar Sesuai Topik **
» Dilarang Komentar Sara atau Menghujat
» Dilarang Komentar Dengan Bahasa yang Tidak Sopan
» Dilarang Komentar atau nyebar IKLAN dalam bentuk apapun
» Dilarang Menyisipkan Link (nyepam) dalam bentuk apapun
» Karena akan Langsung saya Delete (HAPUS) !!!

21 Komentar untuk "Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api"
Sepatu futsal Murahmengatakan...
26 Juni 2013 22.45

Bermanfaat infonya mas, apa pas disiram soda apinya mau masuk ke saluran wc?


Anonimmengatakan...
13 Juli 2013 18.58

Kira2 soda api bisa bikin rusak pipa paralonnya ga mas...???
Krn soda api khan panas...khawatirnya pipanya jadi ikut rusak.


Pinocimengatakan...
13 Juli 2013 21.23

@Sepatu : Makasih udah mampir. Kalo disiram AIR PANAS, otomatis akan terjadi pengepulan/penguapan, dan soda api akan larut masuk saluran WC.

@Anonim: Menurut info dan udah saya praktekin, soda api hanya membakar sisa kotoran yg menyumbat di saluran WC, jadi gak merusak pipa yg kuat. kecuali kalo di GETOK mas, baru jebol :D


Anonimmengatakan...
22 Juli 2013 05.13

Kalo wcnya penuh dengan air menggenang bagaimana ? Krn sebelumnya sdh disiram air sebanyak2nya, tapi sekarang malah dipenuhi air :((((((


sedot wcmengatakan...
25 Juli 2013 16.34

terima kasih banyak yah informasinya


idjaya.commengatakan...
28 Juli 2013 03.12

soda api bisa merusak pipa pvc jika sering menggunakannya (dalam waktu singkat).
saran saya jika usaha pertama wc anda masih mampet gunakan soda api (usaha kedua) kira-kira minimal dalam kurun waktu 3-5 jam kemudian.
atau anda juga bisa menggunakan HCL untuk mengatasi wc mampet.
:)


Khaermengatakan...
13 Agustus 2013 19.20

Katanya pake garam dapur (NaCl) bisa juga. Bener gag...???


WC saya mampetmengatakan...
14 Agustus 2013 03.00

di saat wc mampet akhirnya saya tersadar, buang hajat di wc rumah sendiri adalah karunia yg tak ternilai harganya. trims infonya bung.


Pinocimengatakan...
14 Agustus 2013 14.38

@Anonim: Kalo misalnya ada air yg menggenang, usahain dikuras dulu, baru masukin soda api nya..

@IDJaya: Menggunakan soda api kan kalo karna WC mampet aja gan, jadi GAK terlalu sering.
Nah, itu pake HCL jg bisa kaya nya. btw HCL apaan ya gan ??

@Khaer: Wah, kadang pake SODA API aja ada yg ga mempan sob, gimane pake GARAM :( kayanya kurang bisa deh.

@WC: Terharu baca komentar sampean gan :'(


pak RTmengatakan...
20 Agustus 2013 22.17

Bisa gak pake soda api langsung 2 bungkus skaligus bro?


Budimengatakan...
5 September 2013 13.10

Gan, itukah pake air panas ya, setelah kita tuang air panas trus jeda sampe kita tuang air dingin nya berapa menit ya Gan? Apa lgsg di siram air dingin aja ? Pengaruh ke reaksi soda apinya gak? Trims


Ahli WC Surabayamengatakan...
3 Oktober 2013 17.23

Nambahin dikit Sob, kalo Masih gak ketulungan lekas minta bantuan Jasa Sedot WC,
di karenakan jika sampai larutan Soda Apinya gak bisa keluar nanti akan nempel di saluran,
mumpung belum mengeras tu Soda Api.


Fatimah Nurmengatakan...
18 Oktober 2013 14.41

Sory,mau nanya dong udah 10plastic lebih soda api d masukkin k lubng wc, 1minggu awal se lancr,d sedot jg udah,skrang mampet lg
Kira2 gmana ngatasinya lg ya
Thanks


Pinocimengatakan...
20 Oktober 2013 08.35

@PakRT: Untuk banyaknya soda api, sepenuhnya lubang aja bro, kalo kebanyakan takutnya gak melebur.

@Budi: Lebih bagus sih pake air panas terus, soalnya kalo pake air dingin rada kurang melebur banget.

@AhliWC-SBY: Saran masbroo bagus juga, karna pasti ada aja yg masih gak ketulungan yg akhirnya emang harus manggil tukang sedot WC terdekat daerahnya . thanks broo..

@Fatimah: Coba cex yg lain dulu deh:
- Septik-tank: coba cex bagian sepiteng/septiktank/pembuangan, apakah penuh atau gak, soalnya kalo penuh malah jadi luber.
- Paralon pembuangan: bisa jadi paralon pembuangan di dalam saluran ada yg bocor atau rusak.
- Mampetnya udah parah: Mungkin juga karna mampetnya udah parah. misalnya ada barang yg sempet mampet (softek/bungkus2 sesuatu) yg mungkin udah mengerak, jadi susah hancur pake soda.
Kalo misalnya diantara itu, jalan terakhir mesti manggil tukang sedot WC.


Anonimmengatakan...
14 Mei 2014 16.54

saya udh frustasi bgt liat wc di rumah ibu saya suka mampet, tp mampetnya kondisional bgt, cm pas kalo disiram berkali" aja.. jd bingung itu karna penuh apa mampet apa gimana..
mungkin bisa nih dicobain pake soda api.. thanks infonya :')


Sedot WC Sidoarjomengatakan...
6 Juni 2014 16.43

Mantap informasinya Mas,
Thanks,,,:)


Info Kepegawaianmengatakan...
16 Juli 2014 20.02

Sya jg ngalminn wc mampet, lg nyoba pake soda api. Sblmnya pake penguras wc. Salah langkah gan. Ditunggu kunjungan balikny.


oriontmengatakan...
19 Juli 2014 00.15

barusan ane ngogrok ogrok wc mampet pakai kabel listrik gan ...


silviemengatakan...
21 Juli 2014 12.28

Gimana klw bahan kain sprt pakaian dalam yg masuk,bisa gak pake soda api?
ditunggu jawabannya soalnya saya udh stres bgt nih. Terimakasih


Arie Pinocimengatakan...
22 Juli 2014 19.18


@Anonim: Silahkan coba pake soda api, tapi kalo masih mampet, lebih baik manggil tukang sedot WC aja.

@InfoPegawai: Oke, makasih udah nyasar kesini masbro,, :)

@Oriont: Aikkk,, sampe di ogrok-ogrok gitu gan?? Moga berhasil dah :D

@Silvie: Penyebab WC mampet ada beberapa macam. Silahkan pake soda api dulu beberapa kali, kalo masih mampet juga,, lebih baik manggil tukang sedot WC aja. Karna saya juga akhirnya manggil tukang sedot WC :D


Septic Tank Biomengatakan...
23 Juli 2014 08.36

makasih banyak gan


Poskan Komentar