Hari Ini


Tips Mengatasi Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur

Update: 23 Mei 2013 at 23.05 Kategori: Kesehatan

Penyebab Bruxism | Tips Mengatasi Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur: Mungkin ada dari sobat yang punya masalah saat lagi tidur mengeluarkan suara gigi beradu "mengerat gigi"? Biasanya gak disadari diri sendiri, tapi buat orang lain yang ada dideket kita, hal ini sangat mengganggu. Apakah mengeluarkan suara gigi beradu saat Tidur ini kelainan kesehatan? Lalu gimana cara mengatasi kebiasaan mengerat gigi saat tidur?

Mengerat Gigi atau istilah kedokteran gigi disebut "Bruxism" ini, adalah gerakan fungsional yang tidak normal mengeratkan gigi rahang atas dan bawah yang mengeluarkan suara gigi beradu pada saat tidur. Bruxism bisa terjadi pada anak-anak, tapi penderita kebanyakan adalah orang dewasa.

Tips Mengatasi Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur

# Berikut beberapa faktor Penyebab Mengerat Gigi saat Tidur (Bruxism):

* Mengalami Stress dan Kecemasan
Terlalu hiperaktif / agresif, atau tingginya tingkat kecemasan dan stres akibat pekerjaan atau permasalahan sehari-hari yang cukup berat.

* Sakit Gigi
Bisa juga karena sakit yang dirasakan penderita di sekitar gigi atau wajah, sehingga mengerat gigi dilakukan secara tidak sadar sebagai upaya untuk mengurangi rasa sakit.

* Gigi Tidak Normal (Maloklusi)
Posisi dan hubungan gigi rahang atas dan bawah yang tidak normal atau tidak rata (maloklusi).

* Kelainan pada Rahang
Terdapat kelainan oklusi, susunan gigi rahang atas yang tidak rapi/baik sehingga menyebabkan kontak yang prematur. Atau kelainan sendi rahang (temporomandibular dysfunction).
ariepinoci.blogspot.com

* Alergi
Faktor lain secara sistemik juga dilaporkan sebagai penyebab bruxism pada anak adalah alergi dan defisiensi nutrisi.

* Kafein
Tingginya konsumsi minuman/makanan yang mengandung kafein, seperti: kopi, cola dan cokelat.

* Tingginya kadar alkohol dalam darah.
* Karena kebiasaan merokok.
* Adanya pola tidur yang mengganggu seperti mengorok.

# Sedangkan berikut beberapa Akibat Mengerat Gigi saat Tidur:

* Mengikis Lapisan Gigi
Gerakan mengerat gigi kalo dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, dapat mengikis lapisan-lapisan gigi sehingga gigi menjadi aus.ariepinoci.blogspot.com
Kalo dibiarkan bisa terjadi pengasahan/hilangnya lapisan email di bagian dataran kunyah gigi yang akan menyebabkan bagian dentin sampai pulpa gigi terbuka, sehingga menimbulkan rasa ngilu/sakit.

* Abrasi Gigi
Lapisan email akan terkikis sedikit demi sedikit sehingga gigi menjadi lebih sensitif terhadap panas/dingin serta saat menggigit makanan.

* Iritasi Pada Pipi
Berupa garis karena beradunya gigi geligi, biasa pada daerah geraham dan terjadi saat penderita tidur menyamping.

* Perubahan Cara Menggigit/Mengunyah Makanan
Ketajaman gigi akan terkikis dan berpengaruh saat makan. Karena perubahan ini, penderita secara tidak langsung akan diarahkan untuk menggigit menggunakan gigi yang tidak rusak/sehat.

* Fraktur atau Retak pada Gigi
* Nyeri pada Otot dan Sendi Rahang
* Resesi Pada Gusi
* Sakit Kepala

# Nah, berikut beberapa cara mengatasi bruxism "Mengerat Gigi Saat Tidur" yang bisa dilakukan:

* Kurangi Stress
Kalo kamu sering mengalami stress, cobalah untuk menghilangkan atau mengurangi stress dan tingkat kecemasan yang dialami.

* Menggunakan Mouth Guard
Cara mengatasi bruxism lainnya bisa dengan pembuatan alat alat semacam Mouth Guard (night guard). Alat ini digunakan agar rahang (gigi) atas dan bawah tidak saling beradu dan sesuai dengan keadaan gigi geligi. Nelindungi permukaan gigi dari gesekan dan nyeri pada sendi rahang berkembang.ariepinoci.blogspot.com
Tapi penggunaan mouth guard harus dengan supervisi dan kontrol yang ketat, pastikan alat tersebut bekerja secara efektif, jangan malah menimbulkan masalah baru.

* Pemeriksaan Gigi
Kalo bruxism yang dialami menyebabkan nyeri pada otot dan sendi Rahang atau sakit kepala, segera lakukan pemeriksaan gigi dan mulut ke dokter gigi untuk mencegah kondisi yang lebih berat. Berusahalah untuk selalu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi kamu.

* Pembuatan Onlay atau Crown
Kalo terjadi keausan pada dataran kunyah gigi, gigi dapat diperbaiki dengan cara pembuatan onlay atau crown.

Itulah informasi dan penjelasan tentang penyebab kebiasaan mengeluarkan suara gigi beradu, akibat dari mengerat gigi saat tidur dan cara mengatasi kebiasaan mengerat gigi saat tidur (bruxism). Semoga bermanfaat. Disalin Arie Pinoci dari sumber dentiadental.com MeetDoctor.com Klikdokter.com health.liputan6.com dan Yahoo.com.
Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS, boleh aja kok. Tapi kalo gak keberatan harap cantumkan SUMBER atau Link Dofollow ke blog ini yaa.. Thanks

** Silahkan Berkomentar Sesuai Topik **
» Dilarang Komentar Sara atau Menghujat
» Dilarang Komentar Dengan Bahasa yang Tidak Sopan
» Dilarang Komentar atau nyebar IKLAN dalam bentuk apapun
» Dilarang Menyisipkan Link (nyepam) dalam bentuk apapun
» Karena akan Langsung saya Delete (HAPUS) !!!

0 Komentar untuk "Tips Mengatasi Kebiasaan Mengerat Gigi Saat Tidur"

Poskan Komentar